Kompi Air Denjasaang VI-44-13 Bekangdam VI/Mlw Evakuasi Korban Kapal Tenggelam

BALIKPAPAN,- Prajurit Kodam VI/Mlw dari satuan Kompi Air Denjasaang VI-44-13 Bekangdam VI/Mlw berhasil mengevakuasi penumpang Kapak Klotok yang karam di perairan Kariango, Balikpapan Barat, Senin sore 15 Agustus 2022 sekitar pukul.16.00 wita.

 

Kapendam VI/Mlw Kolonel Inf Taufik Hanif menjelaskan penumpang kapal klotok yang karam adalah para siswa dan guru dari SDN 021 dan SMPN 21 Balikpapan Barat yang pulang sekolah.

 

"Total Korban kapal klotok yang berhasil di evakuasi dari siswa SD 021 dan SMP 021 berjumlah 28 orang serta ada 8 guru." ungkapnya.

 

Ditegaskan Kapendam, proses evakuasi korban kapal karam berawal dari adanya laporan dari salah satu guru yang kebetulan ada di Kampung Baru A.n. Bapak Iwan, mendapatkan informasi tentang Kapal Klotok antar jemput sekolah mengalami kebocoran. Selanjutnya yang bersangkutan melaporkan ke piket Kapal ADRI XLII Kompi Air Denjasaang VI-44-13 Bekangdam VI/Mlw, dimana langsung diluncurkan 2 unit Kapal RIB untuk melakukan evakuasi.

 

Dari penuturan para korban kepada prajurit TNI, sekitar pkl.15:00 Wita dari Dermaga Kp Kariango para Siswa dan Guru berangkat dengan menggunakan Kapal Klotok. Namun perjalanan baru sekitar 7-10 menit , Kapal Kotok menabrak batang kayu dan mengalami kebocoran.

 

"Sekitar pukul 16.15 Wita Siswa dan Guru tiba di Kapal ADRI XLII dengan menggunakan 2 unit Kapal RIB Bekangdam VI/Mlw dan 1 kapal Basarnas dalam keadaan lengkap dan selamat" Pungkas Kapendam.